//
you're reading...
Kesehatan

Gluten, teman atau musuh

Gluten pada berbagai jenis gandum , barley (digunakan untuk pembuatan bir) saat ini menjadi hal yang  marak dibicarakan, hal ini terkait dengan penemuan di AS yang menyatakan hampir sekitar 3 juta orang terkena penyakit Celiac yang merupakan gangguan auto imunitas yang disebabkan oleh karena konsumsi makanan yang mengandung gluten.

Gluten terdapat pada roti, berbagai jenis biskuit, cake, sereal, es krim, berbagai jenis pasta bahkan kaldu juga terdapat kandungan gluten. bagi orang yang menderita penyakit celiac konsumsi gandum bisa berakibat fatal. Ketika seseorang dengan penyakit celiac makan  makanan yang  mengandung gluten, sistem kekebalan tubuhnya menyerang usus kecil. Kerusakan yang dihasilkan  pada usus kecil  mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi tertentu. Kondisi inibisa menyebabkan kelelahan, penurunan berat badan, sakit perut, kembung, sembelit atau diare.

Kondisi lain yang mungkin juga disebabkan oleh efek konsumsi gluten bagi sebagian orang adalah : penyakit auto immune seperti  fibromyalgia, diabetes tipe 1, penyakit crohn, ulcerative colitis dan rheumatoid arthritis. penelitian menyatakan bahwa menghapus makanan berkandungan gluten dapat menunjukkan hasil yang positif bagi penyembuhan penyakit diatas. Penelitian juga menyatakan bahwa orang yang mengalami sindrom iritasi pada perut juga tidak ada salahnya menghilangkan gluten dari daftar makanan mereka karena sebagian juga disebabkan oleh efek gluten ini.

Dengan efek negatif ini, orang-orang yang tidak memiliki kaitan efek langsung konsumsi gluten mungkin tergerak hatinya untuk menjauhi konsumsi gluten dan berharap akan dapat menurunkan berat badan mereka, jika itu dilakukan dengan menjauhi gluten dan mengkonsumsi sayur, buah dan kacang-kacangan, maka hal ini akan bisa dicapai, tetapi jika hanya mencari substitusi berupa makanan lain seperti wafle, sereal dan makanan lain yang bebas gluten hal ini tidak akan ada dampak signifikan karena tetap saja mereka mengkonsumsi makanan dengan bobot kalori yang hampir sama.

Sebenarnya gluten itu tidak akan berdampak buruk bagi orang yang tidak menderita penyakit Celiac, karena gluten mengandung serat dan vitamin B, anda akan menghabiskan banyak waktu untuk membaca label makanan karena produk gluten ini terdapat dalam beragam bahan makanan, yang terpenting adalah pola hidup yang seimbang, dan pilihkan bahan  makanan dari kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran berpati, dan biji-bijian.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: