//
you're reading...
Diet

Diet seimbang untuk menurunkan berat badan

Dunia ini terbentuk dengan keseimbangan, demikian juga dengan tubuh manusia, terbentuk dari rangkaian sel yang terkondisi sedemikian rupa dengan fungsi dan tujuan masing-masing. Tanpa keseimbangan segalanya tidak akan bertahan dan cenderung merusak.

Diet merupakan pola makan seimbang sesuai dengan keperluan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Diet bukan bertujuan untuk menyiksa orang yang menjalaninya. Diet mengarahkan kita kepada keseimbangan. pola makan dan asupan gizi yang tidak seimbang cenderung mengakibatkan ekses-ekses negatif seperti penyakit dan minimal dalam bentuk peningkatan bobot tubuh sehingga kita merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh yang ada.

Ada beragam diet dengan beragam fokus seperti diet yang menekankan pada peningkatan asupan protein , karbohidrat maupun dengan sayuran dengan pola asupan yang homogen dan signifikan, hal ini harus kita hindari. Ingat diet itu harus seimbang dan dilakukan secara berkelanjutan.

Akan terasa seperti bualan belaka jika tidak dipaparkan cara jelasnya, berikut ini akan dipaparkan bagaimana menyeimbangkan diet.

Langkah 1

Kurangi tingkat kalori yang anda konsumsi, adalah hal yang tidak mungkin untuk menurunkan berat badan kecuali mengurangi tingkat asupan kalori, sebagai perbandingan, untuk mengurangi bobot anda sebanyak sekitar 0.5 kg, maka anda butuh untuk mengurangi defisit kalori sebanyak 3500 kalori.

Langkah 2

Makanlah makanan yang alami, dalam hal ini hindari segala bentuk olahan yang pastinya selain mengandung lemak trans juga garam yang cukup tinggi, juga hindari konsumsi gula sederhana seperti yang kita konsumsi sekarang , sebagai solusinya perbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, ikan yang masih segar.

Langkah 3

Hindari minuman yang berkarbonasi dan tinggi kalori, sebagai gantinya maka konsumsilah air mineral untuk tetap menjaga tubuh supaya tidak mengalami kekurangan cairan.

Langkah 4

Pola makan 3 kali sehari sudah mendarah daging bagi kita, namun sebaiknya pola makan ini diganti menjadi 6 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil sehingga memungkinkan metabolisme tubuh tetap aktif dan efektif

Langkah 5

Dalam diet anda jangan lupa asupan serat yang memungkinkan perut anda terasa lebih terisi dan kenyang lebih lama, sumber serat beragam mulai dari apel, pir, kacang-kacangan, brokoli, dan pasta gandum utuh.

Langkah 6

Walaupun anda berdiet, itu tidak berarti anda harus melupakan makanan kesukaan anda, jika itu dilakukan maka hal itu berarti merupakan diet yang ekstrim bukan yang seimbang. Ada dapat menikmati eskrim yang anda sukai, coklat, cheese cake atau apapun yang anda sukai sekali dalam seminggu dan pastikan cuma 1 jenis saja, jangan melibatkan keinginan yang berlebih untuk memakan semuanya seakan merupakan balas dendam karena tidak dapat menikmati makanan itu dihari yang lain.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: