//
you're reading...
Vegetarian

Protein untuk vegetarian

Jika terlintas kata  protein, maka acuan kita adalah telur, ikan dan daging. Untuk kaum vegetarian maka sumber asupan protein merupakan hal yang cukup membingungkan karena acuan diatas hampir dipastikan bukan daftar yang makanan yang bisa dikonsumsi. Namun demikian kaum vegetarian dapat membuat rencana konsumsi agar dapat memenuhi asupan protein dengan rasio kecukupan yang baik oleh tubuh.

Protein merupakan salah satu unsur pembentuk tubuh. protein dibentuk oleh gugusan asam amino. Tubuh kita tidak dapat memproduksi protein tertentu yang dikenal dengan asam amino esensial sehingga kita harus mendapatkannya dari luar tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan seperti daging, telur ikan yang dinamakan protein komplit. Kacang-kacangan, biji-bijian bukan merupakan protein komplit, namun dapat kita padu padankan sehingga dapat membentuk makanan dengan protein komplit.

Untuk tipe lacto-ovo vegetarian yang dapat mengkonsumsi produk telur, susu dan keju, maka pemenuhan protein tidak sulit, karena susu, telur dan keju merupakan protein lengkap. Namun untuk tipe vegetarian murni maka perlu untuk mengkonsumsi berbagai sumber protein nabati seperti : kacang-kacangan, biji-bijian yang dipadukan untuk memenuhi sumber protein.

Membuat makanan yang terdiri dari beras, kacang dan jagung dapat memenuhi kebutuhan protein secara lengkap. Kedelai memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sebagai variasi maka turunan kedelai dapat juga dimasukkan dalam daftar menu seperti : tahu dan tempe.

sebagai padanan, umumnya kebutuhan protein orang dewasa Amerika membutuhkan 50-65 gr protein. sebagai pembanding secangkir susu kira-kira terdapat 8 gr protein dan secangkir keju dengan buah didalamnya memiliki kandungan protein 21.16 gr protein. Sebagai seorang vegetarian murni maka dibutuhkan variasi dari segala sumber protein nabati sehingga tercukupi asupan protein.

Pada dasarnya protein nabati akan jauh lebih baik daripada protein hewani karena dalam protein hewani terkandung lemak trans yang buruk bagi kesehatan.

About these ads

Discussion

5 thoughts on “Protein untuk vegetarian

  1. Info di blog anda memberi referensi yang mendukung untuk produk protein nabati usaha kami, terima kasih atas pencerahannya.

    Naberal Team

    Posted by Naberal Team | April 12, 2011, 2:32 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Dicari segera Distributor dan Agen Kota/Kabupaten « Naberal - April 12, 2011

  2. Pingback: Protein Nabati « Naberal - April 12, 2011

  3. Pingback: Perlukah protein yang sehat bagi tubuh? « Ketika Hidup Adalah Sebuah Pilihan - April 13, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: